CARA MEMBUAT BANTAL DONAT (DARI WOVEN WRAP)

Hai! Kemarin ada postingan tentang BEBERAPA CARA UNTUK ‘MELEMASKAN’ KAIN GENDONGAN nah, salah satunya adalah dengan membuat bantal donat. Setelah jadi bantal banyak-banyak dipakai ya…caranya bisa ditidurin, diinjak-injak, dismackdown, diangkut ke mobil dll.

Untuk mendapatkan bentuk bantal yang cantik (bulat empuk) diperlukan kain gendongan berukuran panjang dengan lubang awal tidak terlalu besar. Ditutorial yang saya bikin ini saya menggunakan 2 kain gendongan (woven wrap) berukuran 3 dan 4. Seri Jigsaw dari Daiesu. Salah satu brand favku karena tidak ribet perawatannya.

Jigsaw Woven Baby Wrap by Daiesu

  • 100% Organic Cotton
  • Medium thickness at 260gsm
  • Width: 70cm
  • Suitable for newborn (3kg/7lbs) up to toddlers (18kg/40lbs)
  • Great for variation of front, back and hip carries
  • Machine washable

Meskipun kain jigsaw ini sudah termasuk lembut sejak saya terima tapi saya masih ingin lebih lemas lagi bahannya. Karena ketebalannya tergolong medium jadi butuh lebih lemas lagi untuk menaklukkan menjadi simpul.

Cara bikinnya gampang, disini aku tunjukkan cara-caranya. Sekali lagi maafkan penampilan tangan tukangku yang merusak foto ya :p

 

BANTAL8BANTAL1

1. Ambil kain gendonganmu. Sebagai contoh disini saya gunakan Jigsaw Raspberry size 3. Kira-kira 50cm yang akan saya gulung

BANTAL2

2. Bikin lingkaran dengan menggulung ujungnya. Besar/kecil lingkaran awal ini menentukan bentuk donatmu nanti, makin besar diameter lingkarannya makin besar lingkaran dalam donatmu.

BANTAL3

3. Selanjutnya tahan ujungnya dengan tangan. Sisa ekor kainnya inilah nanti yang akan dililit-lilit keluar masuk melewati lingkaran.

BANTAL4

4. Lilit – lilit terusssss…

BANTAL5

5. Teruskan melilit sampai semuanya ekor kain habis, nah…Ini yang saya maksudkan dengan bentuk donat jika diameternya kebesaran, supaya bantal donatnya bentuknya cantik, empuk dan kain sisanya tidak lepas, saya tambahkan melilit kain gendongan lainnya.

BANTAL6

6. Saya menambahkan kain gendongan Jigsaw ocean sz 4. Tinggal melanjutkan lilitan.

BANTAL7

7. Nah, seluruh kain sudah terlilit. Dan bentuk bantal donatsnya sudah cantik dan menul-menul :*

bantal 1.jpg

8. VILOAAA!!! Ini hasil akhir bantal donat saya, sisi sebelah kiri adalah penampakan sisa ekor gendongan. Karena lubang tengahnya sudah semakin sempit jadi kain sisanya terkunci disitu. Siap dijadikan bantal dan diangkut kemana-mana agar makin lemas gendongannya 🙂

Leave a Reply

